Saturday 12 September 2015

Mengenal Boy Candra melalui karya-karyanya [Blog Tour + Giveaway]

Assalaamu'alaikum.

Hari ini (12 September 2015) saya muncul dengan postingan baru #bersihindebu. Yupp, saya dipercaya untuk ikut serta dalam rangkaian virtual blog tour Sepasang Kekasih Yang Belum Bertemu karya Boy Candra. Sebelumnya saya ucapkan terima kasih kepada Penerbit Mediakita dan Uda Boy Candra yang telah mempercayakan kepada saya sebagai host. Oke, mari langsung saja!

**

BOY CANDRA

Nama tersebut mungkin sudah tidak asing bagi teman-teman semua. Penulis yang sudah melahirkan lima buku ini bisa kita temui di akun twitter @dsuperboy, blog Rasa lelaki, dan akun sosmed lainnya dengan id Boy Candra.


Sebelum mengenal lebih jauh, mari kita berkenalan terlebih dahulu dengan karya-karyanya: 
1. Origami Hati - 2013
2. Setelah Hujan Reda - 2014
4. Senja, Hujan, & Cerita Yang Telah Usai - 2015
5. Sepasang Kekasih Yang Belum Bertemu -2015

Wooo, tahun 2015 ada tiga buku yang lahir? Yupp, itu saya tidak salah tulis kok. Uda satu ini memang sukses membuat saya takjub dengan lahirnya 3 buku di tahun yang sama. Mungkin, menelurkan 3 buku itu sudah biasa. Namun yang tidak biasa, adalah kedua buku terakhirnya sukses cetak ulang. Info yang saya dapat #CPUCYP per hari ini sudah masuk cetakan ke 7, dan #SHCYTU masuk cetakan ke 3  #mendadakpengen. Melihat hidup orang lain memang selalu tampak mudah dan indah, karena kita tidak pernah tahu proses yang sudah dilalui. Well, begitu juga dengan apa yang saya rasakan ketika melihat karir Uda yang satu ini. Keren! Saya pengen! Semoga bisa seperti dia, dll. Satu yang tidak saya ketahui sebelumnya, perjalanan Uda ini juga perlu proses yang panjang. Yuk kita simak obrolan singkat bersama Boy Candra.


Sejak kapan Boy Candra mulai menulis?
Boy Candra serius menulis sejak akhir tahun 2011. Walaupun baru serius di akhir tahun 2011, ternyata Uda ini sudah suka menulis puisi dari SD. 
Behhhh, keren yak! Hobi memang nggak pernah bohong.

Apakah pernah merasakan naskah ditolak penerbit?
“SEJAK 2011-2013 Aku hanya menerima penolakan” Itu adalah kalimat asli dari Boy Candra, well bisa disimpulkan ditolak penerbit sudah pernah dialaminya. Satu yang pasti adalah pantang menyerah sampai akhirnya di tahun 2013, buku perdana berjudul Origami Hati berhasil diterbitkan.

Bagaimana perasaan saat mendapat kabar naskah diterima?
Setelah mengalami beberapa penolakan, dan akhirnya menerima kabar naskah diterima, Boy Candra yang terlewat senang sampai berniat mau lari keliling kampus, tapi karena waktu itu lagi hujan akhirnya batal deh!
Ahaaa! Padahal pasti seru ya kalau sampai seorang Boy Candra lari keliling kampus terus dilihatin maba #nyengir

Berapa lama proses menulis sebuah buku? Apakah ditarget? Terutama dalam satu tahun ini bisa melahirkan 3 buku.
Sebenarnya di tahun 2015, Boy Candra berhasil menyelesaikan 2 naskah yaitu #SHDCYTU dan #CPUCYP. Sementara untuk Sepasang Kekasih yang Belum Bertemu merupakan naskah yang sudah selesai di tahun 2014 dan kebetulan baru lahir tahun ini. 

Untuk target sendiri, Boy Candra selalu memasang target sebelum mulai menulis naskah. Yeah, walaupun pada umumnya target bisa saja meleset, bisa maju dan bisa juga mundur. Rata-rata menulis 1 buku ditarget oleh Uda waktu satu bulan. Sebelum yakin punya energi menulis sesuai target, Boy Candra lebih memilih tidak memulai terlebih dahulu.
Saya langsung gigit jari waktu dapat jawaban ini. Keren! Patut dicontoh!

Sedikit bocoran, kalau naskah #CPUCYP adalah naskah eksperimen Uda Boy dalam menulis. Tekniknya kalau kita jeli naskah tersebut dikonsep 90% lebih hanya 4 paragraf dalam satu tulisan/cerita. Nah makanya untuk menulis #CPUCYP target yang dipasang berbeda. Jadi tidak semua satu bulan ya.
Well, walaupun naskah #CPUCYP adalah naskah paling lama diselesaikan tetapi #CPUCYP adalah novel yang sukses membuat saya menjadi berlangganan buku Boy Candra.

Bagaimana perasaan saat mendapat kabar naskah akan cetak ulang?
Siapa sih yang tidak senang jika naskahnya cetak ulang? Begitu juga Boy Candra pasti senang bukan main, apalagi #CPUCYP sukses cetak ulang dalam waktu kurang dari satu bulan edar.

Kalau kita melihat cover #SHDCYTU, pasti kita akan menemukan tulisan Bestseller. Nah, bagaimana kesan dan pesan Boy Candra menjadi penulis dengan sebutan bestseller? Apakah sebutan tersebut menjadi beban?
Ternyata sebutan bestseller bukanlah sebuah beban bagi Boy Candra. Berikut kutipan kalimat langsung dari Uda ini.
"Enggak, karena aku mau nikmatin prosesnya, kalau dijadiin beban malah takutnya kecewa sendiri. Satu yang penting adalah lakukan yang terbaik saja. Setiap buku sudah ada rejekinya.”

Kalimat ini bisa banget kita jadiin pelajaran. Yeah, setiap buku sudah ada rejekinya masing-masing. Jangan pernah merasa kecewa jika ternyata buku yang baru tidak sesukses buku sebelumnya. Satu hal yang harus kita lakukan adalah berikan yang terbaik #catatuntukdirisendirijuga.

Media apa yang dirasa paling berpengaruh dalam karir Boy Candra?
Boy Candra  selalu memanfaatkan sosial media untuk promo bukunya. Fokusnya adalah di facebook, twitter dan instagram.


Pesan-pesan dari Boy Candra untuk teman-teman penulis / calon penulis.
BERKARYA SAJA TERUS DAN JANGAN MUDAH MENYERAH!

Fuhhhh, nah kan segala sesuatu itu memang tidak ada yang dicapai secara instant (bahkan untuk makan mie instant pun kita perlu beli ^^) . Begitu pula dengan perjalanan menulis dari Boy Candra. Jalan yang dilalui Uda satu ini pun tidak selalu lurus, melainkan berliku. Ah, rasanya membicarakan masa lalu memang tidak ada habisnya. Jadi mari kita beralih membahas buku terbaru Uda Boy yang berjudul "Sepasang Kekasih Yang Belum Bertemu."

Bagaimana perasaan teman-teman saat membaca / mendengar judul tersebut? Kalau saya sih langsung galau, secara ahhh sudahlah. Buat lebih lengkapnya, mari kita intip sinopsis dan penampakannya. 
 
Lihat deh, kemasannya lucu


Judul               : Sepasang Kekasih Yang Belum Bertemu.
Penulis            : Boy Candra
Penerbit          : Mediakita
Kategori          : Novel Fiksi
Tebal               : 220 halaman.
Terbit              : September 2015
Sinopsis:
"Ada banyak hal yang tak pernah kuceritakan kepadamu, perihal betapa sakitnya masa lalu yang pernah singgah di dada. Bukan karena apa-apa, bagiku menceritakan masa lalu hanyalah akan membuatmu merasa aku masih berharap padanya. Padahal tidak. Semenjak memilih untuk menjadi bagian dari hidupmu, aku sudah mengikhlaskan dia selamanya. Meski kami berakhir bukan karena ingin aku dan dia. Namun, ada hal yang tak dapat kami tembus. Nanti akan kuceritakan perihal itu kepadamu, nanti pasti akan kuceritakan.

Kali ini aku hanya ingin meyakinkan kamu lagi, bahwa cinta kita memang tak pernah  salah. Meski tak banyak orang yang bisa menjalani hubungan begini. Namun, kepadamu, Wulan Sari,  aku telah jatuh hati sedalam ini. Dan, aku ingin kamu menjaga hatiku yang jatuh agar tumbuh dan utuh bersama hatimu."
 
“Bagaimana mungkin kamu bisa menyebutnya cinta, padahal kalian belum pernah bertemu?” Pertanyaan itu memang tak pernah bisa kujawab kepada teman-temanku. Namun, tahukah kamu, sungguh aku ingin meneriakkan ke telinga mereka. “kalian terlalu sempit mengartikan cinta.” Mereka terlalu sempit mengartikan apa yang kita rasa.

***
 
Kalau saya pribadi jujur membaca novel ini langsung baper. Satu lagi yang lupa saya sampaikan, Uda satu ini kalau saya mengenalnya dengan kata-kata jleb nan galaunya. Kalau novel-novel sebelumnya sukses bikin saya speechless dan berkata ah, aku banget ini! Kalau #SKYBP sukses membuat saya gregetan dengan tokoh “Boy”. Saya pengen nimpuk tahu nggak, sih? Gezzz. Pokoknya novel Uda Boy #SKYBP, sebuah kisah yang dirangkai dengan menarik ini rekomen buat kamu, iya kamu! Kamu, bersiaplah ikut bercampur dengan emosinya.

"Ada dua hal terburuk perihal mencintai di dunia ini, Wulan. Pertama: tidak dibalas cintanya. Kedua: ditinggalkan tanpa alasan. Dan ada dua hal yang paling menyakitkan di dunia ini. Pertama: dikhianati oleh seorang yang kamu sayang. Kedua: dilupakan" - Boy , Halaman 125

Akhirnya, sampai juga di akhir tulisan ini. Sukses terus Uda Boy Candra untuk buku dan karirnya. Semoga buku ke.5 ini lebih baik dari sebelumnya. 

Nah, buat teman-teman yang sudah mampir ke sini, saya ada GA berhadiah "Satu buku dari Penerbit Mediakita" Mau ikutan? Caranya gampang banget.
  1. Follow twitter @mediakita, @dsuperboy dan @lainilaitu.
  2. Posting/Twitt info GA ini dengan #VirtualBlogTourSKYBB, mention @mediakita, @dsuperboy dan @lainilaitu, atau buat yang tidak ada twitter bisa share via fb - tag ke Laini Laitu atau Alya RA Laini
  3. Tulis komentar di postingan ini dengan format [Nama - Twitter/Facebook - Domisili - Pendapatmu  tentang apa yang terlintas di pikiran saat mendengar judul novel “Sepasang Kekasih Yang Belum Bertemu]
  4. Satu teman yang beruntung berhak mendapatkan satu buku dari Penerbit Mediakita yang akan dikirim langsung oleh Penerbit.
  5. GA akan kami buka s/d 19 September 2015 dan diumumkan pada 20 September 2015 di blog ini.
Kami tunggu komentar dari teman-teman ya! Ah satu lagi, sila mampir ke tetangga sebelah untuk ikut rangkaian Virtual Blog Tour Sepasang Kekasih Yang Belum Bertemu.
Berikut saya bagi linknya untuk yang sudah di.post : Boy Candra & Aya 

Akhir kata Laini Laitu undur diri, maturnuwun sudah mampir.

 

**Terima kasih untuk Uda Boy yang sudah mau diganggu waktunya.

Wassalaamu'alaikum.

17 comments:

  1. Nama: khusnul
    Twitter: @imahreana
    Kota: Lumajang, Jatim

    Awal pertama yang saya rasain adalah bingung, kenapa? katanya kekasih, kok yoh tidak pernah ketemu, lah kok bisa jadi kekasih? sedangkan untuk proses pendekatan saja terkadang harus ketemu orangnya dulu baru yakin, kebanyakannya sih gitu :D. setelah baca riviewnya baru ngeh, bahwa hubungan mereka terjadi karna mereka sama² nyaman, meskipun prosesnya beda dari kebanyakan orang. kedua, aneh tapi nyata. terjadi tapi sulit dipercaya. dan seperti lagu, mudah diingat.

    ReplyDelete
  2. Ayu Widyayustuti | widyayu15 | Palembang

    Yang terlintas pertama kali di pikiran saya ttg judul tsb mungkin saja bisa terjadi sepasang kekasih yang belum bertemu sebab saya mengalaminya sendiri. Karena cinta tidak datang hanya ketika 2 org bertemu kemudian terpeson dan jatuh cinta. Ada hal2 yg bisa bikin kita jatuh cinta selain bertatap muka secara langsung yaitu rasa nyaman dan pola pikir org tsb ketika kita berkomunikasi. Jd wajar2 saja jika ada yg seperti Boy.

    ReplyDelete
  3. Tri Indah Permatasari - @LiebeIs0503/Tri Yusuf Ciduk - Palembang - “Sepasang Kekasih Yang Belum Bertemu" tentu saja itu adalah -LDR- hubungann jarak jauh yang mengakibatkan mereka belum bertemu, yang mungkin saja terjadi karena berkenalan dimedia sosial atau perjodohan dari orangtua yang belum dipertemukan hanya saling mengenal dari photo yang diberikan orangtua. Jadi, kepikirannya ini novel isinya akan membahas perjuangan mereka untuk bertemu pertama kalinya? atau menceritakan perjalan cinta mereka kenapa bisa menjadi 'sepasang kekasih yang belum pernah bertemu'

    ReplyDelete
  4. Nama : Khairunnisa Fauzatul Azkiya
    Twitter : @Rainyveefauza
    Domisili : Cirebon, Jawa Barat

    Pendapatku saat liat judul novel terbaru uda Boy ini. mungkin "sepasang kekasih yang belum bertemu" ini pasangan dari tulang rusuk kita yang dipertemukan lewat takdir. makanya belum dipertemukan namun sudah digariskan oleh Tuhan. Namun setelah saya baca review yang diberikan mba laini, saya baru paham maksud judul ini, *maafkan otak ku yg berimijanisasi luar batas .-.* hubungan yg dijalani boy dan wulan rumit, hingga harus tak bertemu. semoga ada akhir yg indah buat kisah rumit yg mereka jalani.

    ReplyDelete
  5. Mardiah eka putri
    @mardiahekaputri
    ketapang, kalimantan barat

    Pertama kali yang terlintas dalam otak aku “ Ini beneran judulnya kaya gini ? “
    Dari sekian banyak cerita yang kaya gini au belum pernah banyak, karna rata2 bertema pernikahan atau dijodohin, friendzone. Dan ini cukup keren, gimana yang aku tau untuk menulis sebuah cerita gak semua balik telapak tangan. Untuk tema yang rata2 di pake aja sulit cari ide jalan ceritanya, apalagi ini, beh ini gimana si abang bikin cerita dengan tema yang agak lain. Emang sih banyak yang pacaran di dumay tanpa pernah bertemu tapi mereka kan pasti Cuma suka2 atau main2. Seperti itu kah tokoh didalam cerita itu, kek gimana prosesnya, endingnya bahkan gimana bisa ide ini nongol.
    Sesuai judul, aku keppo buat baca

    ReplyDelete
  6. Nama : Afika Yulia Sari
    Twitter : @afikayulia
    Domisili : Jakarta

    Pendapatku setelah membaca judul "Sepasang Kekasih Yang Belum Bertemu" tentu saja dua insan yang sama sekali belum bertemu karena terhalang oleh jarak/LDR. Tapi yang jadi pertanyaan disini, awal mula keduanya kenal bagaimana? Lewat media sosial kah? Atau awalnya mereka tinggal satu negara/kota, hingga satu diantaranya harus ada yg pergi karena urusan?
    Ngomong-ngomong covernya manis+simple :D

    ReplyDelete
  7. Nama : Jarot
    Twitter : @djatoyz
    Domisili : Yogya

    Yang terlintas pada saat membaca judul tersebut langsung kepikiran jatuh cinta lewat mediasosial... LDR dsb...

    ReplyDelete
  8. Nama : pramestya
    Twitter : @p_ambangsari
    Facebook : pramestya ambangsari
    Domisili : temanggung
    Pendapatmu tentang apa yang terlintas di pikiran saat mendengar judul novel “Sepasang Kekasih Yang Belum Bertemu

    Dua orang yang nggak tahu kalau sebenarnya mereka adalah sepasang kekasih soalnya mereka nggak pernah ketemu, jadi kenal aja nggak.

    ReplyDelete
  9. Nama: Laura Lidya Monica Putri
    Twitter: @LauraLmcP
    Facebook: Laura Lidya Monicaa Putri
    Domisili: Batam, Kepulauan Riau

    “Sepasang Kekasih Yang Belum Bertemu"

    Bisa dikatakan bahwa mereka berdua memang sudah ditakdirkan untuk bersama. Seperti ibarat 'benang merah'. Bisa jadi mereka dipertemukan secara tidak langsung di waktu yang 'tidak' tepat. Alasannya? Karena mereka sama sekali belum pernah bertatap muka. Meskipun begitu, yang namanya takdir atau istilah 'benang merah' bagi orang jepang dan cina, mereka memang jodoh dari sananya.

    Terima kasih GA-nya kak. Sukses selalu

    ReplyDelete
  10. Rini Cipta Rahayu
    @rinicipta/ Rini Cipta Rahayu
    Karangasem, Bali

    Sepasang Kekasih yang Belum Bertemu menurutku adalah mereka yang suka pacaran putus nyambung. Pasangannya sih memang sudah tepat, tapi waktunya aja yang belum pas. Ada aja masalah yang buat mereka nggak sepaham dan akhirnya putus. Padahal nih ya, mereka saling nggak bisa melepas dan memulai hubungan dengan orang lain. Mereka adalah dua titik, hanya saja belum bertemu dan membentuk garis. Jadi selama proses merubah titik menjadi garis itu, Tuhan memberikan banyak cobaan yang menguatkan mereka hingga waktunya yang pas tiba. Mereka bertemu dengan jodoh yang selama ini diyakini di waktu yang tepat.

    ReplyDelete
  11. Nama : Lena Mareta
    Twitter : @lena_mareta
    Email : lenamareta@yahoo.com
    Domisili : Bengkulu

    aku mengalaminya sekarang kak.. jadi gini awalnya, ayahku punya temen nih di jawa sana,, berhubung “pakde” (temennya ayahku) sering ke bengkulu ini ketempat iparnya yang dulu mantan bos tempat kerja ayahku jadi akrab gitu..akunya juga udah akrab kayak anak sama bapak gitu apalagi pakde ini orangnya asyik jiwa muda ..hehee… gak tahunya dia punya anak cowo..sebelumnya aku juga gak tau …dianya ini nge-add FBku aku gak tau dia tau darimana dia inbox duluan jadi ya aku tanya2 gitu akhirnya kami lanjut bbm-an .
    aku tanya ke dia kata dia, ayah dia sering cerita ttgku dan niatnya mo jodohin gitu,,,
    kami belum pernah ketemu tapi aku uda mengenal mamanya adiknya satu2nya neneknya bahkan sepupu2 dia cuma diasendiri yang belum pernah ketemu.
    ceritanya sih njelimet memang…awalnya aku cuek ke dia aku gak ngrespon, cuma sesekali aja aku blsnya kalau dia bm or sms gitu.. pokoknya gak respek banget deh..dianya selalu contact aku..karena aku juga punya pacar disini tp seiring berjalannya waktu hubunganku dengan pacarku mulai tidak baik …sering ribut…
    dan dianya selalu memberiku perhatian hingga curhat2 ttg mantanya begitu juga dengan aku yang cerita ttg pacarku itu.. … akhirnya kami telf2an, SMSan, FB an kirim2an foto ya gitu2 deh … kalau dari cerita dia sih ayah dan ibunya itu udah suka banget sama aku cuma aku yang direkomendasiin untuk jadi menantunya.. padahal dg pacar2 dia sebelumnya ortunya gak se welcome itu…bahkan tiap hari aku telfnan berenti tuh cuma waktu ishoma dan dia kerja aja pokoknya behhhh… so sweet … smpe tiap nelf itu mama, adeknya sama ayahnya dia ikutan nimbrung .. bahkan papanya bilang gini sama aku :”lena, titip calon cucu2ku yah” gitu…
    ya udah …akhirnya kami saling memiliki rasa sayang kami jadian…
    sudah berjalan 9 bulan ini…. tapi sekarang kebiasaan itu tinggal kenangan,… dia pergi tanpa alasan,,, menyakitiku…. dia pasang di DP BBM-nya dg perempuan … tanpa penjelasan… dia tak pernah hubungi aku lagi…dia cuma bilang bahwa kalau aku yakin dg dia, dia pasti kembali padaku…
    tapi rasa ini sudah terlalu dalam… tidak sesederhana itu..mungkin dia mulai lelah dg kesendiriannya disana tidak ada bahu untuk bersandar ketika dia lelah…. mungkin dia bosan… dan aku….. aku tak sanggup menyaksikan ini…
    aku menjalanii ini demi hubungan orang tua kali tetap baik tp aku terluka…. aku harus gimana ??
    aku menyayanginya…. :'( tapi dia….
    padahal akhir tahun ini aku kejawa mo lanjutin kuliahku... :'( :(
    aku berharap bisa dekat dengannya ..tp sekarang semua sudah terlanjur seperti ini....menggantung tak jelas..

    ReplyDelete
  12. Nama : Fita
    Twiter : @fitania09
    Domisili : Malang

    Sepasang kekasih yang belum bertemu kalo pertama denger sih seperti ta'aruf gitu. Biasanya kalo ta'aruf kan kita dikasih tau foto sama kepribadian si calon. Dimana kita juga mencari info lain sebagainya dari saudara si calon/ teman dia.Dalam proses ini kedua belah pihak masih belum bertemu, terlebih berkomunikasi.

    ReplyDelete
  13. Nama : Naning Pratiwi
    Twitter : @chelseas_lovers
    Facebook : Nhaning CfcLovers
    Domisili : Blitar

    Pendapatmu tentang apa yang terlintas di pikiran saat mendengar judul novel “Sepasang Kekasih Yang Belum Bertemu

    Yaa, menurut buku takdir sih sepasang kekasih, tapi belum pernah sekalipun bertemu sampai takdir merasa waktunya sudah tepat.

    ReplyDelete
  14. Nama: Thia Amelia
    Twitter: @Thia1498
    Domisili: Bogor

    Pendapatmu tentang apa yang terlintas di pikiran saat mendengar judul novel “Sepasang Kekasih Yang Belum Bertemu
    Saat mendengar judulnya sih aku sudah menebak bahwa kekasih itu berhubungan tapi belum pernah bertemu, dan setelah liat review nya, ternyata benar. Sempat berfikir juga sih kenapa sepasang kekasih belum bertemu. Karena kalau LDR kan, dia pernah bertemu lalu berpisah. Lalu dalam kasus ‘belum bertemu ini’ hubungan macam apa itu? Dan sempat bengong juga pas denger judulnya gitu. Emang bisa yah, sepasang kekasih tapi belum bertemu. Karena kalau aku mendengar teman-teman ku yg berpacaran, sang lelaki pasti akan menyiapkan segala hal-hal yang indah hanya untuk ‘menembak’ pujaan hatinya. Apa yang dialami Boy Chandra ini membuat aku termenung, kisah rumit seperti ini belum pernah ada diotakku. Ga pernah sampe kepikiran bahwa sepasang manusia itu memutuskan untuk berpacaran walalupun belum pernah bertemu. Dan tentu saja, saya salut.

    ReplyDelete
  15. Rina Eko Wati - @HikariMio -Tulungagung – Hmm…agak bingung juga sih dengan judul novelnya. Sepasang kekasih yang belum bertemu? Tapi judulnya aja udah bikin penasaran. Apalagi isi dari novelnya :) Menurut pendapatku sih ‘Sepasang Kekasih Yang Belum Bertemu’ ini merajuk pada dua anak manusia yang pertama kali bertemu melalui dunia maya. Yahh…di media sosial gitu maksudnya. Mungkin melalui sebuah perkenalan, berlanjut menjadi hubungan saling membutuhkan untuk saling bertukar kabar, hingga sebuah kenyamanan tercipta diantara keduanya. Walaupun belum pernah bertemu di dunia nyata, tetapi keduanya memutuskan untuk megikat komitmen sebagai sepasang kekasih. Bukankah di zaman sekarang apa saja menjadi mungkin? Kenal di media social, merasa nyaman dengan obrolan yang berlangsung, dan tumbuh benih-benih perasaan yang sulit untuk dijelaskan. Namun terasa membahagiakan.

    ReplyDelete
  16. Nama : nalarsukmawati
    Ig/line : nalarsw15

    Ini buku di gramedia engga ada ? Udah habis kah?

    ReplyDelete

  17. VIPQIUQIU99.COM AGEN JUDI DOMINO ONLINE TERPERCAYA DI INDONESIA

    Kami VIPQIUQIU99 AGEN JUDI DOMINO ONLINE TERPERCAYA DI INDONESIA mengadakan SEO Kontes atau Kontes SEO yang akan di mulai pada tanggal 20 Januari 2017 - 20 Mei 2017, dengan Total Hadiah Rp. 35.000.000,- Ikuti dan Daftarkan diri Anda untuk memenangkan dan ikut menguji kemampuan SEO Anda. Siapkan website terbaik Anda untuk mengikuti kontes ini. Buktikan bahwa Anda adalah Ahli SEO disini. Saat yang tepat untuk mengetest kemampuan SEOAnda dengan tidak sia-sia, hadiah kontes ini adalah Rp 35.000.000,-

    Tunggu apa lagi?
    Kontes SEO ini akan menggunaka kata kunci (Keyword) VIPQIUQIU99.COM AGEN JUDI DOMINO ONLINE TERPERCAYA DI INDONESIA Jika Anda cukup percaya akan kemampuan SEO Anda, silahkan daftarkan web terbaik Anda SEKARANG JUGA! Dan menangkan hadiah pertama Rp. 10.000.000. Keputusan untuk Pemenang Akan di tentukan dengan aturan kontes SEO yang dapat dilihat di halaman ini.

    Tunggu apa lagi? Ikuti kontes ini sekarang juga!

    CONTACT US
    - Phone : 85570931456
    - PIN BB : 2B48B175
    - SKYPE : VIPQIUQIU99
    - FACEBOOK: VIPQIUQIU99

    ReplyDelete