Saturday 30 November 2013

Wattpad mengalihkan duniaku..


Fiuhhhhh , akhirnya setelah sekian lama hampir setengah tahun rumah maya ini gak ditengokin gue mampir juga *ambil sapu dan kain pel.

Jadi ceritanya beberapa waktu ini gue sibuk *plak. Iya gue lagi kecanduan yang namanya wattpad. Apa itu wattpad? Jadi www.wattpad.com adalah salah satu situs penulisan yang free, tampilannya menarik seperti kita membaca ebook *terutama kalau buka lewat aplikasi hape. Disana banyak banget tulisan novel dan sekawannya yang disediakan sekali lagi gue bilang free #akucintagratisan, minusnya adalah penulisnya belum punya nama secara kalau punya nama pasti sudah nerbitin bukunya di penerbit major. Tapi jangan pandang sebelah mata di sana juga terdapat banyak tulisan yang tidak kalah bagusnya dengan buku yang sudah terbit. Dan juga ada beberapa penulis yang dilirik penerbit major loh. Wuiiii


Seperti ini tampilannya via website :



Kalau dibuka lewat hape sejenis facebook, jadi kita punya home (news feed), bisa memberi komentar, vote juga ada tombol follow cem twitter. Tulisan kita sendiri ada yang ngasih komentar dan ngasih saran, kurang kece apalagi coba? Menyenangkan bukan? Jadi kita berasa diapresiasi.


Kelemahannya adalah karena sistem mirip sinetron yang ada episode, yah kalau di novel bisa dibilang bagian/part. Jadi proses publish ke situs tersebut per part, sialnya adalah kalau kita menunggu author update tulisannya. Lamanya booo, bisa lebih satu bulan terkadang.


Nah berhubung gue ini demen baca, kalau dulu suka baca blog kini mulai  teralihkan jadi pembaca wattpad. Secara di sana banyak cerita roman yang konfliknya something. Gue paling suka cerita yang bergalau-galau ria dan happy ending tentunya, cerita tersebut memberikan perlajaran kalau masih banyak orang yang lebih tidak beruntung dari kita. So hal ini bisa buat gue untuk bersyukur.

Lama-kelamaan nunggu author fav yang lama update akhirnya gue tergugah untuk membuat account dan publish cerita sendiri. Kyaaaaaaa dan rasanya ada yang baca cerita kita, ngasih bintang dan ngasih komentar itu bikin jejingkrakan sambil nari caesar. Apalagi kalau dapet komentar yang lucu, pasti gue bakalan senyum-senyum sendiri.

Tapiiiii, hidup tak seindah itu konco-konco, kalau paribahasanya semakin tinggi pohon semakin kencang anginnya. Tsahhh

Intinya gini, sekalinya gue mutusin buat publish satu cerita artinya gue juga mesti siap menerima kritik. Well terkadang kritik itu ada yang membangun dan ada yang membuat drop kalau kita belum siap mental. Contoh :

1. Kita sudah mikir keras buat nyiptain satu karakter dan baru satu part publish ada yang bilang kalau tulisan kita mirip tulisan author lain atau plagiat. Sakitttttt men, secara itu satu part belum kelihatan jalan ceritanya. Dan bukankah kalau ide itu sering sama tetapi jalan cerita berbeda. Sigh!

2. Kita sudah mikir keras buat bikin alur cerita dan konflik tapi ada yang protes keras karena gak suka atau bisa jadi nge-judge kaya sinetron?

Kalau untuk masalah ini sih menurut gue kembali ke pribadi masing-masing. Kalau memang storyline sudah dibuat ada orang lain judge seperti apapun gak akan ngaruh dan itu memang hak reader, setidaknya dengan adanya kritik tersebut bisa kita gunakan perbaikan. Lagipula kata salah seorang temen gue ada yang member tanggapan “kalau gak suka gak usah baca, gratis ini dan tulisan kan tulisan gue!” Muahahaha gue demen sama kata-kata temen yang ini.

3. Kritik masalah tulisan (ex: EYD)
Gue sih paling seneng kalau dapet kritik atau komentar masalah tulisan/ EYD. Jadi bisa memperbaiki tulisan kita.


Well, intinya kalau siap untuk publish sebuah cerita kita juga harus siap mental untuk menerima cobaan, harus berhati lapang dan menerima masukan  #hallah.


Adakah yang mau baca tulisan gue? Sayangnya gue pake nama samaran, jadi silahkan cari sendiri *sokmisterius

Akhir kata -Wattpad bikin gue berharap hidup ini akan seindah fiksi! Fiuhhh-



Kyaaaa akhirnya rumah gue jadi bersih sekarang dan gue bisa tidur dengan nyenyak. Sekali lagi buat yang penasaran mampir kesana saja ya, gak bakal nyesel kalau kalian emang gemar membaca.

Akhir kata MATURNUWUN udah mampir.

5 comments:

  1. kunjugan perdana, jangan lupa sempetin mampir di comtelweb.blogspot.com

    ReplyDelete
  2. mampir ke blog kami juga ya sis,, dan jngan lupa di add
    www.rencongonshop.com

    ReplyDelete
  3. Masalah yang sama seperti yang biasa gw hadapin... yang penting kita udh niat buat nulis

    ReplyDelete
  4. Masalah yang sama seperti yang biasa gw hadapin... yang penting kita udh niat buat nulis

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yupp...setuju..
      Selama kritik yang membangun diterima, tapi klo udah absurd ya bye... hihiy

      Delete