Wednesday, 30 May 2012

ASRAMA atau PONDOK DERITA?



APA ???? GUE MASUK ASRAMA? #capslocknya ga nyante.
Merantau ke Ibukota untuk pertama kalinya , jauh dari keluarga dan mesti tinggal di Asrama? Makan dan ngiler juga berjamaah? Padahal sebelumnya di rumah adek gue mau tidur sekamar aja udah gue usir. Lha ini? Ih WOW sesuatu yah *ala Tante Syahrini*.



Tapi apa boleh buat, niat merantau berarti harus siap menanggung segala resikonya. Yups gue keterima gawe di Ibukota dan konon katanya disana kelak tinggal di Asrama. Ga punya bayangan sama sekali karena emang dari dulu gue ga pernah tinggal di Asrama paling mentok”nya Pesantren Kilat atau acara TPA waktu gue masih unyu”nya.

penampakan pertama
Pertama masuk kawasan tempat kerja gue nemuin pemandangan ini. Dan yang ada di fikiran kami saat itu adalah Asrama kita dibangunan tinggi itu tapi ternyata SALAH, asrama itu hanya tetanggaan sama apartemen tadi. Kecewa dan Rasa kecewa itu melebihi rasa Patah Hati #Eh.

Pertama masuk Asrama kalo belum pernah tinggal di Asrama pasti shock karena yang terlihat hanyalah pintu-pintu kamar yang berjajar. Seperti ini.
lorong hantu
Dan emang yang namanya Junior pasti dikerjain sama senior. Hari pertama ga ada kamar kosong dan terpaksa kita tidur layaknya ikan pepes yang dijajar. 1 Kamar 4 x 4 buat 8 orang? = 1 orang = 20m2. Bayangin aja sendiri mungkin kurang lebih kaya gini ilustrasinya :

ikan pepes
Hari berikutnya kita mesti beres beres kamar (bekas kamar orang). Dan dari 8 orang berkurang jadi 4 orang. Lumayan lebih lega dikit. Minggu pertama. Emang yang namanya senior kaga ada abisnya konon sebelumnya jarang banget kerja bakti tapi berhubung kita datang rombongan langsung diadain Kerja Bakti bersih-bersih Asrama. APA MAKSUDNYA COBA? SENIOR GA TAHU DIRI #capslock gak nyante lagi.

Inem Pelayan Seksi
Dan selebihnya di Asrama juga diadain piket. Kamar gue dapet giliran hari Senin, hari dimana orang lagi malas”nya berangkat kerja. Kita sekamar mesti beres” Asrama mulai dari Aula, lorong kamar sampe Mushola. BAYANGKAN KONCO-KONCO BAYANGKAN!!!! #capslock kumat

Mungkin itu sisi derita tinggal di Asrama tapi disisi lain banyak hikmah yang gue dapet. Kurang lebih begini ceritanya. 

Hikmah tinggal di Asrama versi Laini bukan Laittu.

Memberikan keluarga baru
Di Asrama rasa-rasanya gue udah nemuin keluarga gue yang Tertukar. Iya seperti sinetron TV gitu deh. Di Asrama itu ternyata gue nemuin Mbah, Bapak, Abi, Teteh, Abang, Paklek, Pakdhe, Budhe, Tante. Keluarga gue lengkap di Asrama.

Mengajarkan tentang arti persahabatan
Kalau waktunya subuh gue belum bangun ada yang bangunin, kalau lagi males beli makan ada yang di titipin, dan yang paling penting adalah KALAU GA ADA DUIT ADA YANG NGASIH MINJEMIN.

Mengajarkan menerima teman dari sifat watak yang berbeda
Mulai dari anak mami yang sebentar-bentar telp bonyok. Sampai yang egois abis kalau punya makanan ga pernah bagi bagi dan makan pas sendirian di kamar #nomention. Tapi tak lupa juga membuat kita mengerti mana teman yang baik dan tak pernah mengharap imbalan. Waktu sakit tanpa meminta udah ada yang beliin bubur, tanpa minta juga udah pada nawarin ke dokter.

Kebersamaan itu menyenangkan

Selama tinggal di asrama ga ada yang namanya galau-galauan. Karena banyak teman yang ngehibur. Ga ada teman yang satu masih banyak teman yang lain. Eits tapi gue tetep aja galau kalo lagi ada di kamar dan sendirian. Muehehehe. Tapi sekalinya keluar kamar dan membaur InsyaAllah galaunya takut ama kita. Poin ini gaje abis. Biarkan gambar bercerita *Alibi males ngetik*

TV baru asrama
Tim Sepakbola Royal
Ultah Budhe
Para Kuli
Rujakan
Tiba-tiba jago masak
Makan Makan #yummie
orang -orang kelaparan
Main Kartu #sesat
Abis main kartu langsung khilaf, Takbiran di Mushola

Akhir cerita ternyata Asrama itu gak seburuk yang gue kira, gak seperti pondok derita yang gue bayangkan. Selama tinggal di Asrama gue nemuin apa arti sebuah persahabatan dan juga arti kekeluargaan. Gue kangen masa-masa tinggal di Asrama.  Masa dimana hampir semua kita lalui bersama, suka maupun duka.


 Akhir kata MATURNUWUN udah mampir.

20 comments:

  1. Yahhh,,, gue jadi kangen asrama pesantren gue dulu. Ternyata bukan sayah ajah yang ngerasain gimana kehidupan asrama itu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyah om...
      ternyata walaupun kadang nyebelin tapi super ngangenin..
      :P.

      Delete
  2. gw juga pernah ngerasain asrama meskipun ngga lama, dan saat keluar rasanya emanh ada yang kurang. makanya nikmatin yang sekarang suatu saat itu yang akan kita rindukan =)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuja sama Bang Ujay... :D

      Delete
    2. kalau gitu sini bagi gw pepes ayamnya =D

      Delete
    3. emang ngaruh gitu bang setuju sama ayam? -_____-

      Delete
  3. asrama itu enak, kah? .___.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yups.... enak banget..
      tapi ada ga enaknya juga.. :')

      Delete
  4. jadi pengen tinggal di asrama...<===padahal anak manja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seru lho dek..
      gih masuk Asrama .. :P

      Delete
  5. hahaha,
    laini laitu
    ya tahu ya tempe.

    asrama is beter than kos.
    sadar nggak loh? :p

    jauh jauh ke jakarta mencari pangeran?
    yang deket aja ada..
    ke Solo aja mbak..
    wis to..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yoih...
      Buat saat ini aku ngerasa Asrama lebih menyenangkan.

      Hah SOLO?
      hemn, kecedhaken engko maz.. hihihi

      Delete
  6. waaah asyik banget...suasana nya hampir sama kayak hidup di pesantren...

    bedanya sich klo aku dulu di pesantren tempatnya terbuat dari anyaman bambu, kalo asrama yg km tempatin sich oke banget...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah yah kalo gitu :P..
      kalo dari anyaman kan berasa banget gitu suasananya :)

      Delete
  7. saya jadi kangen sama asrama waktu saya SMA dlu dan saat keluar dari asrama super kangennya pas jam tdr ngk di ngtur2 lg :)
    so nikmatilah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hemn..
      masa lalu emang bikin kangen..
      eits btw itu kan gue nulis tentang masa lalu -___- *udah berlalu*
      apa yang harus dinikmatin? -_-

      Delete
  8. gue juga jaman SMA dulu pernah asrama. sekarang juga asrama.
    yang paling penting dari asrama itu, nambah pengalaman dan nambah skill kita buat kerjasama sama orang orang yang punya watak gak sama :)
    eniwei, good luck for the dorm :P

    ReplyDelete
  9. pernah asrama satu tahun,, suka kabur2an,, hehe..
    mana kamar gw tusuk sate,, mana pernah ngalamin kejadian horror..
    suka duka bgt dah di asrama..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha..
      masa" di Asrama emang penuh suka dan duka :P

      Delete